Cara Kerja Mesin

Seperti yang sudah saya uraikan kemarin, mengenai pengertian dari mesin dan fakta-faktanya, sekarang anda perlu memahami lebih lanjut cara kerja dari suatu mesin. Yang akan kita bahas disini adalah cara kerja mesin arus bolak-balik atau mesin AC. Mesin AC disini bukan berarti mesin air conditioner, anda jangan sampai salah pengertian.Karena yang akan kita bahas bukan mesin air conditioner tapi mesin dengan arus bolak-balik. Langsung kita mulai saja belajarnya. Tolong anda simak baik-baik penjelasan saya ini. 

Jika ada suatu kumparan jangkar atau medan yang diberi tegangan AC 3 fasa dan dialiri arus AC 3 fasa juga, maka dalam keadaan ini akan menimbulkan fluksi putar. Setelah itu fluksi putar tersebut memotong konduktor rotor sehingga pada konduktor rotor timbulah E (GGL). Pada rangkaian rotor tertutup timbul arus I, sehingga terdapat gaya yang muncul dalam rotor. Yaitu gaya Lorents yang memenuhi persamaan:

                                             F = B x I x L

Akibat adanya gaya lorents, maka timbulah kopel yang memenuhi persamaan:

                                             T = F x r

Itulah sekilas mengenai cara kerja mesin AC. Jika anda kurang memahami penjelasan yang telah saya ulaskan diatas, saya sangat menyarankan anda untuk segera berkonsultasi dengan dosen anda. 

thumbnail
Judul: Cara Kerja Mesin
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Konversi Energi Elektrik, Pengetahuan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz