Nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan teknologi yang mulai berkembang saat ini. di indonesia mungkin kita masih asing dengan istilah nanoteknologi. Karena indonesia merupakan salah satu negara yang kurang memberi perhatian yang khusus terhadap teknologi nano. 

Alhamdulillah, kali ini penulis mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seminar nanoteknologi yang diselenggarakan di kampus tercinta, yaitu Universitas Brawijaya. Seminar sekaligus konferensi nanoteknologi se Indonesia ini diadakan oleh unit aktivitas mahasiswa RKIM (Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa) yang bekerja sama dengan nanoclub dari berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Materi seminar yang  pertama disampaikan oleh Prof. Sutiman. Beliau menjelaskan bahwa nanoteknolgi berangkat dari nanoscience. Nanoscience adalah salah satu bidang ilmu yang objek atau dimensinya berukuran satu per satu miliar meter yang dikaji secara komprehensif dari semua disiplin ilmu. Sedangkan nanoteknologi merupakan pengaplikasian nanoscience untuk menciptakan teknologi yang baru dan lebih efisien. Objek yang dikaji dalam nanoteknologi ini yaitu molekul yang berukuran kecil.


Selain nanoscience dan nanoteknologi, beliau juga menjelaskan mengenai nanobiologi. Dalam nanobiologi beliau menjelaskan bahwa tubuh manusia bersifat misterius dan kompleks. Yang dimaksud misterius dan kompleks disini adalah setiap tubuh manusia akan selalu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Seperti halnya sidik jari yang pasti berbeda antara manusia satu dengan manusia yang lainnya. Yang membuat berbeda adalah susunan DNA yang bervarisai dari setiap manusia. Beliau menekankan bahwa nanobiologi tidak dapat berdiri sendiri. Melainkan membutuhkan peran serta dari disiplin ilmu yang lain. Seperti Ilmu fisika dan matematika.

Materi yang kedua disampaikan oleh Mas Radyum Ikono, B.Eng,. M.Eng. Dengan pembahasan yang sama mengenai nanoteknologi. Beliau mengungkapkan bahwa nanoteknologi ialah ilmu dan teknik menyusun dan mngontrol atom demi atom atau molekul demi molekul menjadi new world. Beliau mengungkapkan juga bahwa nanoteknologi merupakan ilmu yang condong terhadap ilmu material. Ada hal yang menarik ketika beliau mengungkapkan teori rahasia yang menjadi dasar munculnya nanoteknologi. Yaitu teori luas permukaan dan anggapan bahwa dengan merubah ukuran suatu benda menjadi lebih kecil, maka hanya dibutuhkan tempat yang kecil pula untuk meletakkan benda tersebut. Selain itu beliau juga mengungkapkan beberapa macam dari nanoteknologi. Yaitu Bottom Up dan Top Down.
Demikian mungkin yang dapat penulis bagi. Jika anda masih merasa belum puas dengan penjelasan saya, anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai nanoteknolgi di Internet. 

thumbnail
Judul: Nanoteknologi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Seminar / Kuliah Tamu :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz