Semikonduktor

Semikonduktor merupakan penghantar listrik yang tingkat menghantarkan listriknya berada pada konduktor dan isolator. Konduktor merupakan penghantar listrik yang baik, karena di antara pita valensi dan pita konduksi tidak terdapat energi GEP yang mengakibatkan elektron sulit untuk berpindah dari pita valensi ke pita konduksi. Dengan tidak adanya energi GEP ini elektron dalam pita valensi akan mudah berpindah ke pita konduksi. Oleh karena itu bahan konduktor merupakan bahan penghantar listrik yang bagus. 

Sedangkan isolator adalah penghantar listrik yang buruk karena diantara pita valensi dan pita konduksinya terdapat energi GEP yang relatif besar. Energi GEP ini mengakibatkan elektron sulit berpindah dari pita valensi ke pita konduksi. Oleh karena itu bahan isolator merupakan bahan penghantar listrik yang buruk.

Selain konduktor dan isolator, terdapat penghantar listrik yang lain yang tingakt menghantarnya diantara konduktor dan isolator. Penghantar listrik ini adalah semikonduktor. Pada semikonduktor juga terdapat energi GEP. Namun relatif kecil, sehingga pada saat-saat tertentu elektron dapat berpindah dari pita valensi ke pita konduksi. 

thumbnail
Judul: Semikonduktor
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Elektronika :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz