Elektro: Apa itu ?

Mungkin banyak sebagian dari pembaca blog ini masih belum tahu apa sebenarnya elektro itu. Kita sebagai pelajar tentunya harus banyak memngetahui tentang banyak hal. Terutama bagi mahasiswa elektro, harus tahu pasti apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah elektro. Baiklah, kalau begitu marilah kita belajar bersama apa sebenarnya elektro itu.

Elektro berasal dari kata elektron. Pasti anda sudah tahu kan elektron itu apa ? Elektron adalah suatu sub atom yang bermuatan negatif. Lalu apa hubungannya dengan teknik elektro? Teknik Elektro adalah ilmu rekayasa yang mempelajari tentang fenomena-fenomena elektron. Oleh karena itu, jika anda masuk ke jurusan teknik elektro, sebenarnya anda sedang mempelajari fenomena-fenomena elektron yang tidak nampak oleh mata. Maka dari itulah jika anda mempelajari ilmu elektro maka anda akan sering membayangkan segala materi yang diajarkan di perkuliahan. Misalnya ketika anda mendapatkan materi tentang gejala rangkaian listrik. Mungkinkah anda bisa melihat listrik yang mengalir di suatu rangkaian ? Pasti tidak bisa. karena listrik tidak terlihat wujudnya. Oleh karena itu dibutuhkan ilmu "membayangkan" sesuatu. 

Sebagian besar masyarakat awam mungkin menganggap teknik elektro hanya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan saja. Hal itu menurut saya merupakan anggapan yang salah. Karena di teknik elektro itu sendiri terdapat berbagai macam pilihan konsentrasi. Kalau di Teknik Elektro Universitas Brawijaya terdapat lima konsentrasi di jurusan teknik elektro. Diantaranya adalah:

1. Konsentrasi Teknik Energi Elektrik 
2. Konsentrasi Elektronika
3. Konsentrasi Telekomunikasi
4. Konsentrasi Teknik Kontrol
5. Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak

Oleh karena itu, sebenarnya teknik elektro tidak hanya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan saja, namun banyak hal yang bisa dipelajari di bidang teknik elektro.

thumbnail
Judul: Elektro: Apa itu ?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz