Telekomunikasi: Pendahuluan

Di era yang sudah canggih saat ini, manusia tidak lepas dari yang namanya teknologi telekomunikasi yang semakin maju. Apakah sebenarnya telekomunikasi itu? Telekomunikasi berasal dari kata tele yang mempunyai arti jarak jauh. Sehingga telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh. Sudah beberapa ratus tahun yang lalu teknologi telekomunikasi jarak jauh mulai ditemukan. Seperti penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell dan penemuan tersebut diteruskan dengan penelitian yang berkelanjutan hingga saat ini kita dengan sangat mudah menggunakan telepon tanpa kabel dan bisa dibawa kemana saja dan kapan saja, yaitu handphone atau telepon genggam. 

Bicara mengenai telekomunikasi, kita juga perlu mengetahui tentang sistem telekomunikasi. Pada umumnya sistem telekomunikasi terbagi menjadi dua. Yaitu sistem telekomunikasi simplex dan sistem telekomunikasi duplex.

Sistem telekomunikasi simplex adalah sistem telekomunikasi satu arah. Contohnya adalah sistem telekomunikasi pada radio dan TV. Saat mendengarkan radio kita hanya bisa mendengarkan suara penyiar radio saja, namun kita tidak bisa berbicara dengan penyiarnya tanpa bantuan alat komunikasi lain. Begitu juga ketika menonton berita di televisi. Kita hanya bisa menjadi penonton, dan tak bisa berinteraksi dengan pembaca berita tanpa bantuan alat komunikasi lain.


Sedangkan sistem telekomunikasi duplex adalah sistem telekomunikasi dua arah. Pada sistem telekomunikasi duplex terbagi lagi menjadi dua sistem telekomunikasi. Yaitu half duplex dan full duplex. Contoh dari sistem telekomunikasi half duplex adalah handy talkie. Pada saat menggunakan handy talkie, kita hanya bisa berkomunikasi dengan lawan bicara kita secara bergantian, dan tidak bisa bersamaan. Karena itulah mengapa sistem telekomunikasi ini disebut half duplex. Sedangkan contoh dari sistem telekomunikasi full duplex adalah handphone. Dengan menggunakan handphone kita dapat berinteraksi dengan lawan bicara secara bersamaan. Oleh karena itu sistem telekomunikasi ini disebut full duplex.
thumbnail
Judul: Telekomunikasi: Pendahuluan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Telekomunikasi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz